Management trainee merupakan salah satu program karir yang ada dalam
perusahaan. Mungkin bagi Anda yang sudah masuk dalam dunia kerja istilah ini
sudah tidak asing. Banyak orang setelah lulus sekolah atau kuliah masuk ke dunia
MT sebagai awalan dalam memulai karir. Ketika masuk dalam pelatihan, peserta
akan mendapatkan banyak pengetahuan, soft skills, dan hard skills.
Nantinya, peserta akan mendapatkan banyak skill dan uji coba untuk bekerja di
beberapa departemen, mempersiapkan dokumen, juga menyediakan sarana.
A. Pengertian Management Trainee
Management trainee atau MT adalah program pelatihan kepada mitra baru perusahaan agar mendapatkan pengarahan dan pengetahuan seputar pro|l dan
juga bisnis unit perusahaan. Perusahaan melakukan pelatihan ini dengan harapan
pegawai baru memiliki kualitas yang nantinya bisa menempatkan ke posisi yang
lebih strategis dalam level manajemen perusahaan.Salah satu contoh kegiatan dari MT adalah calon karyawan akan melakukan berbagai kegiatan untuk melihat kemampuan dan bakat masing-masing.
Jangka waktu pelatihan ini tergantung dengan kebijakan perusahaan masing-masing.Ada yang dalam waktu enam bulan, dan ada juga yang melakukannya dalam satu tahun. alam waktu enam bulan, dan ada juga yang melakukannya semua seluruh proses operasional perusahaan,pengendalian usaha,keahlian,perencanaan,risiko manajemen dan rencana manajerial. Selain materi,peserta juga mendapatkan on job training atau praktek kerja langsung
dengan aktivitas perusahaan sehari-hari.
B. Manfaat Management Trainee bagi Perusahaan
Penggunaan MT ini pastinya memiliki beragam manfaat yang mampu
memaksimalkan perusahaan Anda. Maka dari itu, Anda perlu memahamimanfaat yang perusahaan dapatkan. Beberapa manfaat yang perusahaan dapatkan ketika menerapkan MT adalah sebagai berikut:
• Meningkatkan produktivitas perusahaan
• Meningkatkan kemampuan manajemen
• Pelatihan dan pengelolaan SDM perusahaan
• Karyawan lebih paham tentang SOP yang berlaku
• Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon pemimpin
• Jaminan dalam ketersediaan SDM berkualitas yang nantinya dapat menempati jenjang perusahaan yang lebih tinggi
• Dapat menilai, menyaring, dan mengevaluasi calon karyawan yang berkualitas
C. Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee
Untuk menjalani program MT, perusahaan membutuhkan skill multitasking.
Management trainee terlibat dalam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan
manajerial karyawan. Terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab untuk
menjalani program ini bagi perusahaan, yaitu:
• Mengikuti ujian dan evaluasi pada akhir program
• Bersedia pergi ke banyak tempat dan mengikuti secara langsung program
pelatihan
• Belajar untuk menyelesaikan masalah dan juga mendengarkan pendapat dari
orang lain selama program MT
• Menyiapkan dokumen dan pembuatan laporan
• Memenuhi semua persyaratan, peraturan perusahaan dan mengikuti semua
meeting dalam pelatihan
• Mendengarkan dan mengikuti dengan sungguh-sungguh semua pembelajaran
yang ada di program
• Belajar dari pengalaman rekan kerja lain
• Berpartisipasi dalam semua kegiatan
• Menyelesaikan tugas-tugas yang ada dan membantu pekerjaan lainnya.
D. Keuntungan Program Management Trainee
Mungkin masih banyak yang ragu untuk mengikuti program ini. Selain pelatihanyang lama, ada juga yang tidak ingin menjadi manajer dan memiliki karir impianyang lain. Dan juga, mungkin saja ada yang ragu setelah melihat banyaknya tugasyang diberikan dalam program ini. Padahal, program management trainee dapat
memberikan banyak keuntungan seperti:
1. Meningkatkan kemampuan
Untuk menjadi manajer yang baik, Anda membutuhkan kemampuan yang baik pula.Denganmengikuti pelatihan ini,Anda akan mendapatkan banyak pelatihan dari awal sampai lulus program.Pelatihan utama yang Anda dapatkan adalah kerja sama baik antara rekan kerja maupun konsumen.
2. Kemampuan untuk memimpin
Salah satu keuntungan utama adalah Anda akan mendapatkan kemampuan untukmemimpin. Karena tujuan dari program ini adalah bekerja pada tingkat manajerial,Anda akan mendapatkan pelatihan tentang bagaimana cara memimpin dan menjadi manajer yang baik.
3. Bekerja sesuai minat dan bakat
Banyak perusahaan yang melakukan program MT secara general. Sehingga, Anda akan mempelajari dan bekerja secara langsung dengan berbagai divisi dan banyak jenis pekerjaan. Maka dari itu, supervisor akan mengetahui kemampuan terbaik Anda dan Anda juga dapat memberikan pendapat pekerjaan atau divisi apa yang paling Anda sukai.
E. Tips untuk Menjadi Management Trainee yang Sukses
1. Berpikir secara diplomatis
Diplomatis berarti berhati-hati dalam menyampaikan pendapat. Karena dunia bisnis penuh dengan persaingan, Anda perlu siap dalam menghadapi hal tersebut salah satunya adalah dengan cara berpikir secara diplomatis. Sedikit kesalahan dalam berpikir, maka akan menghasilkan keputusan yang salah juga.
2. Mengasah kecerdasan emosional
Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda harus mampu berinteraksi dengan banyak orang dan melihat berbagai situasi dengan sabar dan penuh empati. Memiliki kecerdasan emosional yang baik akan membuat Anda lebih tenang dan sabar dalam menghadapi berbagai situasi. Dengan itu juga, Anda dapat mengontrol emosi diri dan orang lain di sekitar.
3. Kemampuan berkomunikasi
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan apapun termasuk sebagai seorang manajer, Anda wajib memiliki kemampuan
baik untuk berani berpendapat dan juga berhubungan dengan lingkungan. Anda harus bisa merangkul semua pekerja dan juga memberikan solusi kepada karyawan. Tentu Andamembutuhkan hubungan komunikasi yang baik dalam berhubungan dengan klien.
4. Fleksibel dan terbuka dengan ide baru
Anda harus selalu fleksibel dan terbuka dengan ide baru yang disampaikan oleh orang lain. Namun, Anda juga tetap harus memiliki prinsip dan pendirian serta percaya diri dalam memberikan ide dengan kata-kata persuasif. Hal ini mampu membantu perusahaan untuk tetap berfokus pada tren-tren yang ada pada saat ini.
5. Time management
Untuk menjadi manajer,Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik.Anda juga harus bisa memberikan deadline tugas kepada diri sendiri maupun karyawan.Hal ini bisa didukung Dengan menggunakan Sistem Timesheet,Anda dapat meningkatkan efisiensi kinerja tim beserta laporan analisisnya.
6. Bersikap tenang ketika ada masalah
Anda perlu tetap tenang ketika sebuah permasalahan muncul. Bersikap panik tidak akan membantu menyelesaikan masalah dan akan menyebabkan Anda membuat keputusan yang salah. Anda perlu menenangkan karyawan Anda lalu berpikir dingin untuk mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.
perusahaan yang bergerak dalam bidang program pengembangan marketing management dan SDM yang mandiri di Indonesia. Didirikan atas dasar keinginan luhur untuk memperbaiki kesejahteraan dan kemakmuran yang lebih merata. Dan dirasakan oleh semua lapisan dari setiap orang yang tergabung dalam organisasi PT Fisa Jaya Mandiri.
Jln. K.H Syafi'i no.18-20 Ruko C2 Pongangan Manyar - Gresik , Jawa Timur.
082-244-374-444
hrd.fisajm@gmail.com